Pasang iklan

Penyelundupan Benih Lobster NTT Marak, Kepolisian Rutin Patroli Laut

...

Gema.id NTT, Kupang – Diduga penyelundupan benih lobster ke darerah lain di luar Nusa Tenggara Timur masih sering terjadi yang banyak dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur irjen Pol Hamidan pada saat menghadiri acara peringatan hari ulang tahun ke-69 Polisi Perairan yang dilaksanakan ole Polair Polda NTT.

“Sebelum saya pindah ke sini saya sering menangkap para pelaku penyelundupan benih lobster yang kebanyakan dari Nusa Tenggara Timur dan juga dari Nusa Tenggara Barat,” kata Hamidan, Rabu (4/11/2019) kemarin,

Ia menilai bahwa sumber daya laut di daerah ini amatlah besar, dengan kekayaan ini dapat mengangkat anggaran pendapatan daerah (APBD) di NTT. Akan sangat merugikan jika penyelundupan terus terjadi terutama mereka nelayan.

Ketika penyelundupan terus dilakukan begitu sangat mempengaruhi harga lobster dunia, saat ini Vietnam adalah negara yang paling produktif di dunia memproduksi lobster.

“Namun perlu diketahui bahwa bibit-bibit lobster itu diambil dan diselundupkan dari NTT dan NTB,” ujarnya.

Untuk menindaklanjuti temuan pihak kepolisian dilapangan, kepolisan akan sering melakukan patroli laut untuk mencegah kejahatan terkait dengan kelautan seperti, pemboman ikan serta penyelundupan benih lobster dan penangkapan ikan secara ilegal.

Tinggalkan komentar